LOGO GPM (GEREJA PROTESTAN MALUKU)

Logo GPM (Gereja Protestan Maluku) :
Pada logo GPM ada tertulis I Korintus 3 : 6. "Aku menanam, Apolos menyiram, tetapi Allah yang memberi pertumbuhan".  Pada gambar jelas terlihat ada dua orang yang menanam dan menyiram kemudian ada tulisan Ibrani "YHWH" sebagai Allah yang memberikan pertumbuhan.

Nama YHWH dalam bahasa Fenisia (1100 SM - 300 M), bahasa Aram (abad ke-10 SM sampai 1M) dan huruf bahasa Ibrani modern. Ditulis dari kanan ke kiri.

Ayat 7 pada I Korintus 3 tertulis, Karena itu yang penting bukanlah yang menanam atau yang menyiram, melainkan Allah yang memberi pertumbuhan.

Sama seperti Logo GPM - Motto GPM : “Aku (Paulus) menanam, Apolos menyiram, tetapi Allah yang memberi pertumbuhan (1 Korintus 3:6).








Gereja Protestan Maluku (GPM) adalah salah satu gereja di Indonesia yang beraliran Protestan Reformasi atau Calvinis. GPM berdiri di Ambon, Maluku pada tanggal 6 September 1935. Tanggal ini kemudian diperingati sebagai hari kelahiran GPM. GPM memandirikan dirinya dari Gereja Protestan di Indonesia (GPI) atau Indische Kerk sebagai bentuk kemandirian gereja.

Di atas terdapat Logo GPM, ada logo hitam putih dan logo berwarna dapat dipakai untuk kebutuhan administrasi membuat surat atau desain baliho, tulisan YHWH harus disesuaikan dengan huruf paling atas penjelasaan dari kata "Allah". Bandingkan ketiga logo GPM yang ada untuk tulisan diatas orang yang menanam dan menyiram.

2 comments:

  1. Nama Bapa YAHWEH nya kurang sesuai ditulis

    ReplyDelete
  2. Nama Allah tidak bisa disamakan dengan Nama YHWH atau dibaca YAHWEH

    ReplyDelete